Perbedaan Antara Powerbank Xiaomi Asli Dan Palsu

Friday, October 20th, 2017 - Teknologi

Cara memperhatikan apakah powerbank Xiaomi yang Anda beli adalah asli atau palsu sangat penting untuk diketahui oleh para maniak gadget. Yah, saat ini perkembangan powerbank merek ini sangat pesat. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya permintaan pasar akan pemenuhan powerbank yang satu ini. Dengan berkembang pesatnya powerbank dari Xiaomi tentunya tidak menutup kemungkinan adanya pihak yang tidak bertanggung jawab yang secara sengaja menjual powerbank tiruan dari Xiaomi. Alasannya agar bisa mendulang keuntungan yang berlipat ganda dengan kepopuleran yang dimiliki powerbank ini. Nah, bagi Anda yang ingin membeli powerbank tersebut pastikan bahwa Anda tahu perbedaan mendasar antara powerbank asli dan palsu, khususnya untuk powerbank dari Xiaomi ini.

powerbank xiaomi

Kegunaan Powerbank Xiaomi Dalam Pemakaian Gadget

Tentunya kita sudah sering mendengar apa itu powerbank. Yah, powerbank merupakan bagian dari perangkat wajib yang harus dimiliki jika Anda adalah seorang traveler ataupun sering ada pemadaman listri di kta Anda. Dengan adanya powerbank in Anda tidak akan kebingungan lagi, walaupun baterai ponsel Anda sedang habis sekalipun. Nah, yang belum memilikinya, pastikan bahwa Anda memiliki satu merek powerbank untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan daya listrik tersebut. Berbagi merek powerbank bisa Anda dapatkan di counter yang menjual berbagai aksesori ponsel atau gadget. Nah, sebelum membelinya, Anda harus memperhatikan berbagai hal agar powerbank Xiaomi yang dibeli tidak palsu atau hanya barang tiruan saja. Karena memang saat ini sedang marak adanya produk tiruan powerbank yang akhirnya menjadikan pihak produsen dirugikan karena spesifikasi yang dimilikinya tidak sesuai dengan yang asli. Baca juga Daftar Harga Powerbank Terbaik

Cara Membedakan Antara Powerbank Xiaomi Asli dan Palsu

Dasarnya, cara untuk membedakan apakah powerbank merek Xiaomi yang Anda beli asli atau palsu sangatlah mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Yang diperlukan hanya pada kejelian dan juga ketelitian saat membedakannya. Nah, berikut adalah beberapa cara untuk membedakan antara powerbank asli dan palsu saat Anda membeli produk powerbank merek Xiaomi:

  • Selalu perhatikan bagian port USB dan juga lampu indikator

Hal pertama yang perlu diperhatikan agar Anda tidak salah membeli produk powerbank yang palsu adalah dengan melihat bagian port USB dan juga lampu indikator yang dimiliki powerbank tersebut. Bagian ini adalah bagian yang sangat jelas terlihat untuk membedakan powerbank yang asli dan yang palsu. Caranya, Anda hanya perlu mencoba menekan dan juga sedikit menahan tombol power pada powerbank saat powerbank tersebut dicas. Apabila powerbank Xiaomi yang ada ditangan Anda adalah asli, biasanmya saat ditekan lampu LED yang ada didalamnya akan langsung mati. Kemudian akan kembali hidup jika tombol powerbank tersebut dilepas serta akan mengisi lagi. Hal ini sedikit berbeda dengan powerbank yang palsu. Yang mana lampu LED tersebut akan tetap saja menyala walapun tombol power sedang ditekan dan juga ditahan.

Selain itu, biasanya lampu LED yang dimiliki powerbank merek Xiaomi yang palsu akan mempunyai lubang yang cukup besar dibandingkan yang aslinya. Pada port USB powerbank yang asli biasanya akan lebih kecil dibandingkan powerbank yang palsu. Port Input USB powerbank merek Xiaomi yang palsu juga memiliki warna putih. Hal ini sedikit berbeda dengan port USB yang palsu, yakni berwarna hitam. Selain itu, port USB Output pada powerbank yang asli juga memiliki warna yang sedikit kecoklatan seperti pasir. Hal tersebut berbeda dibandingkan powerbank yang asli dengan biasanya memiliki warna putih salju.

  • Bagian label powerbank

Perbedaan lain yang bisa Anda lihat adalah pada bagian label masing-masing powerbank tersebut. Label pada powerbank Xiaomi yang asli mempunyai cetakan tulisan yang tidak terlalu nampak namun sangat terang, jelas dan juga rapi. Hal ini berbeda dengan label dari powerbank yang palsu, yakni mempunyai warna yang cukup gelap dengan tulisan yang sedikit kurang jelas serta agak kasar. Perbedaan ini sangat cocok bagi Anda yang masih belum terlalu paham mengenai perbedaan port USB dan juga lampu LED pada masing-masing powerbank itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan bagian label ini sangat jelas terlihat saat Anda mengamati powerbank yang akan dibeli.

  • Perhatikan juga bagian body-nya

Selain pada bagian lampu LED, port USB dan label dari masing-masing powerbank, Anda juga bisa menentukan apakah powerbank tersebut asli atau tidak dengan mengetahui bagian bodi yang dimiliki masing-masing powerbank itu sendiri. Body yang dimiliki oleh powerbank yang asli biasanya memiliki cat yang terlihat sedikit doff. Hal tersebut agar berbeda dibandingkan powerbank yang palsu, yakni sedikt lebih mengkilat. Tak hanya itu saja, pada powerbank yang palsu, tulisan mereknya Xiaominya juga terlihat lebih kasar dibandingkan yang asli. Pada powerbank yang asli biasanya pada bagian belakang ada tulisan MI.com. Akan tetapi jika powerbank tersebut bertuliskan xiaomi.com, bisa dipastikan bahwa powerbank tersebut palsu. Hal ini sudah menjadi ketentuan dari website resmi Xiaomi bahwa powerbanknya ada tulisan mi.com bukan xiaomi.com.

  • Praktek Powerbank Palsu dan Asli

Agar Anda bisa memastikan apakah powerbank Xiaomi tersebut asli atau tidak adalah dengan melakukan beberapa langkah sederhana agar bisa memastikan bahwa powerbank yang Anda dapatkan adalah asli. Caranya, colokkan bagian kabel USB pada bagian port input. Apabila ternyata lampu indikator dari tersebut mati, maka bisa dipastikan bahwa powerbank tersebut asli. Namun, jika powerbank yang Anda miliki ternyata menyala, bisa dipastikan bahwa powerbank yang Anda dapatkan adalah palsu.

  • Sticker resmi

Perbedaan mencolok antara powerbank Xiaomi yang palsu dan asli adalah pada bagian sticker. Yang mana jika pada bagian boxnya ada sticker resmi dari Xiaomi, maka powerbank tersebut adalah asli. Begitu juga sebaliknya, jika tidak ada sticker pada boxnya, bisa dipastikan powerbank tersebut adalah palsu.

  • Membongkar Powerbank

Cara ini bisa dilakukan saat Anda sudah memiliki powerbank tersebut. Anda hanya perlu membongkar bagian powerbank tersebut dan lihatlah pada bagian penghubung dan juga baterai yang nantinya akan terhubung ke motherboard. Pada powerbank yang asli, bateri biasanya menggunakan produk merek Samsung, LG ataupun merek lain yang ada di dunia. Hal ini tidak bisa ditemukan pada powerbank yang palsu, karena baterai yang digunakan hanya baterai china dengan kualitas yang tidak terjamin. Bahkan ada juga yang tanpa memiliki merek. Selain itu, pada bagian penghubung baterai menuju motherboardnya dilengkapi dengan bahan yang terbuat dari bahan nikel. Hal ini sedikit berbeda dengan powerbank xiaomi yang palsu. Dimana yang palsu hanya memanfaatkan kabel biasa yang tidak awet sama sekali saat digunakan.

Nah, itu tadi beberapa perbedaan mendasar antara powerbank yang asli dan palsu yang bisa Anda terapkan sata ingin membeli powerbank Xiaomi. Dasarnya, peminat powerbank in memang sangat banyak. Mengingat bahwa jenis powerbank ini sangat tahan lama dibandingkan powerbank lain pada umumnya.

Perbedaan Antara Powerbank Xiaomi Asli Dan Palsu | admin | 4.5